News Update :

Teman


Get this widget!
Home » » Cerita Bambu Dari Bakalan

Cerita Bambu Dari Bakalan

Penulis : Unknown on Jumat, 08 Februari 2013 | 00.11

CERITA  BAMBU DARI BAKALAN

Bambu atau pring (bahasa jawa-nya) disebut, adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60cm (24 Inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam.

Jika kita perhatikan pertumbuhan bambu begitu cepat berkembang di daerah daerah yang dingin dan agak lembab. Di setiap lokasi begitu banyak bambu yang tumbuh misalnya didaerah dekat dengan aliran sungai, tebing-tebing ataupun di pinggir pinggir danau.

Di dunia Kuliner Rebung/tunas pohon bambu merupakan sayuran yang populer dan bernilai ekonomis tinggi, sehingga dicari mulai warung pinggir jalan sampai restoran dan hotel mewah sebagai menu pembeda bagi para tamu-nya.

Bambu dilihat dari pengobatan Cina, digunakan untuk mengobati dan menyembuhkan infeksi. Bambu mengandung sumber pottasium yang rendah kalori, rasa manisnya terkenal sebagai sumber protein dan nutrisi yang baik. Di ayurveda, sebuah sistem pengobatan tradisionil indian, konkresi silicious dapat ditemukan pada batang bambu yang disebut banslochan. Di sistem pengobatan indo persia banslochan terkenal sebagai tabashir atau taswhir, sedangkan di Inggris disebut sebagai "bamboo manna". Konkresi ini dikatakan dapat menjadi obat penguat pada penyakit pernapasan. Pada awalnya konkresi ini diperoleh dari Melocanna bambusoides, sangat sulit untuk menemukannya; sekarang sebagian besar sudah digantikan dengan asalam silisic sintetis. Pada kebanyakan literature indian, Bambusa arundinacea dideskripsikan sebagai sumber dari bamboo manna.

Sebagai produk kontruksi bambu dapat digunakan sebagai rumah. Rumah-rumah di pedesaan Jawa dan Sunda masih banyak yang memakai dinding bambu. Pohon bambu yang tebal terutama di bagian pangkal dipakai sebagai kaso. Batang bambu juga banyak dipakai sebagai jembatan darurat.

Di dunia Musik Indonesia, bambu sering digunanakan sebagai alat musik tradisional yang menjadi ciri khas masing-masing daerah Indonesia. Salah satu contohnya adalah Angklung dan Seruling yang berasal dari Sunda.
Dan untuk home Industri, Bambu merupakan bahan baku dari berbagai peralatan rumah tangga yang utama sebelum datangnya era peralatan rumah tangga dari plastik. Bakul nasi, tampah, bubu/perangkap ikan, tempat kue (besek), topi bambu (caping) adalah contoh dari beberapa peralatan yang terbuat dari bambu, dengan perkembangan desain + interiornya bambu dipelajari sebagai komoditas UMKM yang menjanjikan bisnis yang luar biasa.

Eksploitasi bambu sebagai anyaman bagaimana jamur/cendawan di musim hujan, kebutuhan oleh pasar yang tinggi dijadikan nilai ekonomi bagi peningkatan taraf hidup masyarakat yang menyukai bambu sebagai bahan dasar home industri.


Share this article :

Posting Komentar

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Warung Pencarian . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger